Baju Bayi Perempuan
Baju Bayi Lucu | Perlengkapan Bayi |Pakaian Bayi|Toko Baju Bayi
Pin BB : 24E86577
News

Kapan Bayi Bisa Tengkurap Sendiri? Bagaimana Cara Stimulasinya?

14 Desember 2012

Kapan Bayi Tengkurap Sendiri

“Waahh bayiku sudah bisa tengkurap..” Begitulah kira-kira decak kagum para orang tua bila melihat bayi mungilnya sudah bisa menengkurapkan tubuhnya sendiri. Banyak orang tua yang menantikan saat-saat bayinya bisa tengkurap, karena mereka beranggapan bahwa bayinya telah memiliki suatu kepandaian baru. Hal itu benar, karena tengkurap merupakan salah satu rangkaian penting dari urutan perkembangan kemampuan motorik seorang bayi sebelum ia bisa merangkak, duduk, dan akhirnya berjalan. Pedomannya memang tertuju pada kemampuan tengkurap bayi, bila bayi tidak bisa tengkurap sendiri, maka dipastikan ia akan terhambat untuk perkembangan motorik selanjutnya.

Tengkurap merupakan suatu kegiatan membalikkan tubuh dimana posisi perut berada di bawah sebagai tumpuannya. Hanya saja yang paling penting untuk diingat oleh para orang tua adalah jangan membiarkan bayi Anda tengkurap dalam keadaan terlelap dan tanpa pengawasan. Dikhawatirkan, tengkurap saat bayi tidur berpotensi menyebabkan terjadinya Suddent Death Infant Syndrome (SDIS) atau kematian di kala bayi tidur.

Perkembangan kemampuan tengkurap bayi berbeda antara satu bayi dengan bayi lainnya. Ada bayi yang sudah bisa menengkurapkan tubuhnya sendiri saat berusia 2 bulan, namun ada pula yang bisa menengkurapkan tubuhnya di kala usianya 3 atau 4 bulan. Itu artinya fase perkembangan tengkurap bayi saling berbeda dan tidak bisa disamakan satu dengan lainnya. Namun, pada umumnya bayi bisa tengkurap sendiri saat umur 3-6 bulan.

Tidak perlu khawatir, mengapa bayi Anda kalah cepat untuk bisa tengkurap dengan bayi teman Anda, padahal usia bayi kalian sama. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan bayi untuk bisa tengkurap sendiri. Salah satunya adalah berat badan bayi. Semakin gemuk tubuh bayi, maka bayi cenderung sulit untuk menengkurapkan tubuhnya sendiri, dan sebaliknya. Yang perlu Anda khawatirkan adalah ketika bayi Anda tidak bisa tengkurap sendiri dan menunjukkan gejala-gejala seperti di bawah ini:

  • Berat badan bayi normal/tidak terlalu gemuk namun pergerakannya tidak lincah.
  • Tangan dan kaki bayi tidak lincah bergerak (bisa dilihat dari aktifnya kaki menendang-nendang atau tangan yang menggapai-gapai ke udara)
  • Tangan belum mampu memegang sesuatu atau daya cengkramnya tidak sempurna meskipun usianya telah mencapai 6 bulan.
  • Bayi tidak bisa memiringkan tubuhnya sendiri setelah usianya lewat dari 3 bulan.
  • Kepala bayi tidak bisa berdiri atau tidak tegak saat Anda menengkurapkan tubuhnya atau di saat Anda menggendongnya.

Bila satu di antara gejala-gejala tersebut ditemukan pada bayi Anda, maka sebaiknya Anda segera mengonsultasikannya kepada dokter anak.

Cara Menstimulasi Bayi Agar Bisa Tengkurap Sendiri

Meskipun secara alamiah, bila perkembangannya normal, bayi sebenarnya bisa menengkurapkan tubuhnya sendiri, namun, ada beberapa bayi yang perlu distimulus oleh agar bisa tengkurap sendiri. Tidak ada salahnya bila Anda membantu bayi Anda untuk bisa tengkurap dengan cara menstimulusnya sehingga dia mampu membalikkan tubuhnya sendiri hingga akhirnya tengkurap. Semakin cepat bayi Anda bisa tengkurap, sudah pasti perkembangan kemampuan motorik selanjutnya juga semakin baik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi bayi Anda agar bisa tengkurap sendiri, yaitu:

  • Mulailah melatih bayi Anda tengkurap setiap hari dalam periode singkat. Bantu bayi membalikkan tubuhnya dan biarkan ia berada pada posisi tengkurap sekitar 2-3 menit. Bila sudah terbiasa, durasi bisa ditingkatkan menjadi 10-15 menit sehari. Lakukan 3 kali tengkurap setiap harinya.
  • Tengkurapkan bayi pada kedua paha Anda. Posisi tersebut akan membuat kepala bayi tergantung dan melatih dirinya untuk bisa mengangkat kepalanya sendiri.
  • Posisi lainnya adalah menengkurapkan bayi di atas tubuh Anda yang berbaring dalam posisi terlentang. Posisi seperti itu membuat kontak mata antara Anda dan bayi Anda tetap terjaga.
  • Bila bayi Anda belum bisa mengangkat kepalanya, maka bantulah ia dengan cara memberi sanggahan berupa bantal lembut untuk menopang dagunya, Anda harus tetap mengawasinya.
  • Bila bayi Anda sudah terbiasa ditengkurapkan, maka Anda bisa menengkurapkan bayi Anda pada bidang datar lainnya yang tetap lembut, lunak dan empuk. Tengkurapkan ia pada tempat-tempat seperti di atas kasur atau matrass. Letakkan pula mainan-mainan beraneka warna menarik, mainan yang bisa mengeluarkan suara, atau buku-buku bergambar-gambar lucu di sekitarnya. Hal itu bertujuan untuk melihat bagaimana responnya untuk meraih mainan-mainan yang berada di sekitarnya. Selain itu, meletakkan mainan di sekitarnya akan menstimulus bayi untuk dapat menggerakkan otot tangan, leher, dan pahanya.
  • Ketika bayi berada pada posisi tengkurapnya, coba sesekali gulingkan tubuhnya menjadi posisi telentang. Bila ia sudah merasa nyaman dengan posisi tengkurap, maka ia akan berusaha untuk membalikkan tubuhnya sendiri ke posisi tengkurap tanpa bantuan Anda. Bila ia belum bisa, bantu ia dengan cara menyilangkan salah satu kakinya agar kakinya bisa menggulingkan tubuhnya sendiri.

Semoga bermanfaat!

Sumber : http://informasitips.com/kapan-bayi-bisa-tengkurap-sendiri-bagaimana-cara-stimulasinya



Baca juga
  » 29 Agustus 2014
Mengatasi Anak yang Sulit Diatur
Apa yang perlu dilakukan orang tua dalam menghadapi kondisi seperti itu?

  » 30 Juli 2014
Tips Memilih Baju Bayi Lucu Perempuan
Berikut Beberapa Tips untuk Memilih Baju Bayi Lucu Perempuan

  » 28 Juni 2014
Cara Memilih Baju Muslim Anak Perempuan yang Nyaman
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Membeli Baju Muslim Anak Perempuan

  » 27 Juni 2014
Tips Memilih Jaket Bayi Laki-Laki
Apabila anda tertarik untuk memilih jaket untuk anak laki-laki anda, berikut ini adalah tips yang bisa anda terapkan

  » 27 Juni 2014
Tips Memilih Baju untuk Bayi Baru Lahir
Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cara memilih baju yang sesuai untuk si buah hati yang baru saja melihat dunia